Audy88 - Pembalap Pramac Racing, Jack Miller, meminta kepada pihak MotoGP untuk meniadakan sesi tes pramusim.

Jack Miller melempar kritikan pedas kepada pihak MotoGP usai berlangsungnya sesi tes pramusim MotoGP 2020 yang digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, 19-20 November lalu.

Rider berkebangsaan Australia tersebut meminta agar MotoGP menghapus tes pramusim yang berlangsung setelah seri balap terakhir.

Sudah menjadi tradisi MotoGP bahwa setelah berlangsungnya balapan terakhir di Valencia, para pembalap akan kembali turun ke lintasan untuk mengikuti sesi pramusim.

Tak sampai di situ saja, satu pekan setelah bergulirnya tes pramusim di Valencia, para pembalap juga harus melakoni tes pramusim kedua yang akan berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Dengan agenda yang padat setelah berakhirnya musim kompetisi membuat para rider, termasuk Jack Miller, berkeluh kesah dan mendesak agar kebijakan tersebut diubah.

"Bagi saya, mereka harus membatalkan semua tes segera setelah balapan terakhir berlangsung," kata Miller, dilansir dari Tuttomotoriweb.

"Semakin banyak balapan dalam musim maka semakin lama, mereka harus melakukan sesuatu," tutur dia menambahkan.

Jack Miller menilai para pembalap seharusnya hanya menjalani beberapa uji coba pada awal tahun.

Sementara itu, untuk sisanya, seperti uji coba pada akhir musim, diserahkan kepada masing-masing tim.

“Jangan mulai pada bulan Januari, tetapi lakukan tes itu sebelum memulai musim kompetisi," tutur rekan satu tim Francesco Bagnaia itu.

"Sebagian besar pabrikan sekarang memiliki test rider dan memperoleh data selama pekan balapan, jadi saya tidak berpikir kami harus melakukan terlalu banyak tes," ucap dia lagi.

Apabila sistem ini diterapkan, Jack Miller yakin para pembalap akan mempunyai waktu istirahat yang lebih panjang untuk siap mengarungi ketatnya persaingan balapan MotoGP.

"Kami juga mempunyai waktu istirahat yang pendek kurang lebih hanya satu bulan," ucap dia.

"Ketika Anda mengisi ulang tenaga Anda, Anda sudah harus berkeliling dunia lagi dan berlatih lagi, semuanya sangat menjenuhkan," kata Miller lagi.

Usai merampungkan tes pramusim MotoGP 2020 di Valencia, Spanyol, para rider akan kembali menjalani sesi serupa di Sirkuit Jerez, Spanyol, 25-26 November 2019.