Audy - Sosok Fabio Quartararo yang bersinar pada MotoGP 2019 membuat banyak orang menjagokannya sebagai penjegal dominasi Marc Marquez.

Kompetisi MotoGP 2019 yang baru saja berakhir seakan menjadi panggung one man show Marc Marquez.

Pembalap Repsol Honda tersebut tampil gemilang dengan merebut 12 kemenangan dari 19 seri balapan, dan 6 kali finis sebagai runner up.

Tak hanya itu, Marquez juga memecahkan rekor sebagai juara MotoGP dengan poin terbanyak sebanyak sejarah, yakni 420 poin.

Dengan raihan poin sedemikian banyak, pembalap asal Spanyol tersebut sekaligus menjadi aktor penting di balik kesuksesan Honda menyabet triple crown.

Namun, secemerlang apapun, dominasi Marquez pada ajang MotoGP membuat para penggemar mulai merindukan sosok rival sepadan bagi The Baby Alien.

Dikhawatirkan, ajang balap motor paling bergengsi di dunia tersebut akan menjadi membosankan tanpa kehadiran rider yang mampu menyulitkan Marquez.

Nama Fabio Quartararo yang tampil bersinar sepanjang MotoGP 2019 pun muncul sebagai salah satu kandidat terkuat.

Walau belum sekali pun menyabet kemenangan, namun performa pembalap asal Prancis tersebut sama sekali tidak boleh dianggap remeh.

Torehan 7 podium dan 6 pole position tentu bukanlah hasil yang mengecewakan bagi seorang rider yang menjalani musim perdana.

Pengamat MotoGP, Nico Cereghini, bahkan dengan berani menobatkan pembalap berjuluk El Diablo tersebut sebagai pesaing serius Marquez pada MotoGP 2020.

"Menurut pendapat saya, sosok anti-Marquez saat ini adalah Quartararo," ujar Cereghini dikutip dari Tuttomotoriweb.com.

Kendati demikian, Cereghini juga menilai bahwa Quartararo bukan satu-satunya pembalap yang berpotensi menjegal Marquez.

"Selain itu, saya juga berharap banyak pada (Andrea) Dovizioso. Dia menjadi bukti bahwa Marquez bisa dikalahkan," pungkasnya.

Benar tidaknya perkataan Cereghini masih harus dibuktikan pada kompetisi MotoGP 2020 yang baru akan bergulir bulan Maret mendatang.

Menurut jadwal, seri balapan perdana akan digelar di Sirkuit Losail, Qatar, pada tanggal 6-8 Maret 2020.